Senin, 08 Oktober 2018

Menambahkan Fitur Form, Report serta Switchboard dari Normalisasi Ms Acces

Disini saya akan mengulas lanjutan dari postingan tentang normalisasi sebelumnya. Dan sebelumnya saya mohon maaf karena dari post sebelumnya saya menggunakan microsoft acces 2016 tapi pada post kali ini saya menggunakan microsoft acces 2007 tapi pada dasarnya sama saja hanya tampilannya yang berbeda.
Pada post sebelumnya saya membahas tentang pembuatan normalisasi tentang pemesanan tiket kereta api dari awal analisis sampai pebuatan Query atau dalam bahasanya dari NF1, NF2, dan NF3, dan disini saya juga akan saya ulas pembuatan form desain sampai switchboard tampilannya.

dari tabel sebelumnya yang saya post bisa langsung saja membuat form dengan tahapan berikut ini :
dari menu tersebut  kita masuk menu "Create > form wizard"
dan akan muncul seperti diatas. nah dari itu kita harus menentukan tabel yang akan kita buat form dengan pilih alvailabels field pada menu form wizard dan klik simnol ">>".
seperti berikut jika sudah kita klik simbol ">>"

dan lakukan ulang perintah tersebut pada setiap tabel yang akan di bikin FORM.
dan jika sudah seperti itu maka klik finish. dan jika berhasil akan muncul tampilan seperti berikut
dan jika tampilan kurang menarik maka klik kanan pada tabel tersebut kemudia pilih desain view 
dan untuk menampilkan beberapa tombol tambahan dibawah nya itu pilih tombol berikut

pada desain menu yang ada diatas bar menu itu akan membuat beberapa tombol bantuan supaya memudahkan dalam delete, add, search dan close. dan setiap kita klik akan tombol tersebut akan muncul beberpa pilihan untuk membuatnya,
- untuk tombol tambahan data bisa dipilih  Record Operation>>Add New record kemudian next dan jangan lupa memberi nama pada tombol contoh namanya Add. dan klik finish
- untuk tombol hapus bisa dipilih Record Operation>>Delete Record kemudian beri nama misal Delete dan klik finish.
- untuk tombol Cari/search pilih Record Navigation>>Find Record jangan lupa berinamanya dan klik finish.
- untuk tombol Bantuan Close/Tutup pilih Application>>Quit Application
dan jika sudah selesaidengan perintah diatas maka tampilan akan berubah menjadi berikut :


Dan selanjutnya untuk membuat Report Laporan Transaksi

caranya pilik menu Create
Report Wizard>>Klik Tombol ">>" sampai data pindah seperti berikut
pilih next maka akan muncul dialog menu berikut
pada dialog menu ini kita akan menggunkan Ascending untuk pengurutan data pilih next
pada pilihan ini ditampilkan pilihan untuk penampilan datanya Columnar (berurut ke samping)
Tabular (Berurut ke bawah) dan Justified. kemudian ada pilihan juga untuk posisi tampilan kertas, Potrait dan landscape.

seperti pada gambar saya memlih menggunakan Columnar dan untuk posisi kertasnya saya pilih Portrait. dan tampilannya seperti dibawah
dan dari sini semua yang dibutuhkan sudah selesai dibuat seperti FORM dan juga REPORT. dan kemudian kita akan membuat Switchboard.

langkah langkan pembuatan Switchboard
pilih menu Switchboard  manager
*jika MS. Acces kalian belum ada maka bisa didapt dengan cara menambahkan pada toolsnya
      File>>Options>>Customize Ribbon>>All Commands>> Switchboard manager



setelah kita masuk menu Switchboard Manager buatlah 4 perintah seperti diatas, dan jika ingin mengubah nama untuk menu aplikasi sesuai yang kita inginkan.
kemudian akan mendapati hasil seperti berikut ini:


Demikian pembahasan yang saya post kali ini, mungkin kurang begitu gamblang dalam penjelasannya tapi saya pribadi berharap bisa bermanfaat serta menambah sedikit wawasan bagi pembaca.
Terimakasih



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembuatan Aplikasi dengan Menggunakan ListView

Membuat Aplikasi Menggunkan Listview dengan Menghubungkan 2 atau Lebih Activity      Setalah dipostingan sebelumnya kita membahas cara...